NEWS

JOSHUA ANDREW.jpg
JOSHUA ANDREW WIRAWAN
03 Aug 2017

JOSHUA ANDREW JUARA BARU IGT

IN Tournament

BOGOR, 3 AGUSTUS. Setelah beberapa kali hampir mendekati tangga juara, Joshua Andrew Wirawan akhirnya mampu mengukir gelar profesional pertama di Seri VI Indonesian Golf Tour (IGT) yang berlangsung di Palm Hills Golf Club hari ini. Pegolf berusia 20 tahun ini memenangi pertarungan ketat dengan Danny Masrin dengan keunggulan satu pukulan. Andrew mengumpulkan skor 209 (tujuh-di bawah par), setelah membuat skor 69 (tiga-di bawah par).

Gelar ini sekaligus menebus kekalahan Andrew dari Danny di IGT Palm Hills tahun lalu. Double bogey di hole 15 pada musim lalu mengubur mimpi Andrew untuk meraih gelar pro pertamanya. Namun, kali ini Andrew yang baru berstatus professional pada 2015 ini tidak mengulangi kesalahan dan bisa mewujudkan ambisinya.

“Permainan saya memang bagus minggu ini. Saat bertanding dengan Danny lagi di grup terakhir, peristiwa musim lalu sempat muncul sekelebat di benak saya, ‘Kok kayak tahun lalu?’ Sempat leading, tapi akhirnya kalah. Namun, kali ini saya berusaha mengikuti game plan saya, berusaha tidak tertekan. Pukulan saya lebih terkontrol dan lebih fokus. Saya pun tampil lebih lepas,” kata Andrew, yang mengakui biasanya lebih banyak memikirkan pukulannya.

Sementara, Danny yang merupakan juara IGT di Palm Hill musim lalu harus puas di posisi runner up. Dengan mencetak skor 71 (satu-di bawah par), Danny mengumpulkan skor 210 (enam-under par). Memimpin putaran terakhir dengan keunggulan satu pukulan (lima-under), skor Danny justru melorot setelah membuat dua bogey di tiga hole pertama. Sejak itu ia terus berusaha mengejar selisih skor dengan Andrew. “Andrew memang main bagus selama dua hari ini. Pukulan saya pun jelek sekali. Jumlah bogey-nya banyak, ditambah lagi double bogey,” kata Danny yang membuat tiga bogey dan satu double bogey, sehingga enam birdie yang dibukukannya menjadi sia-sia. 

George Gandranata dan Benyta Y. Kasiadi menempati posisi T3 dengan skor total 211 (lima-di bawah par. Lima pegolf lainnya berbagi tempat di T5 dengan skor total 214 (dua-di bawh par).

Satu dari lima pegolf yang bertengger di T5 adalah Naraajie Emerald Ramadhan Putra, yang merupakan satu-satunya pegolf amatir. Atlet SEA Games 2017 yang berusia 17 tahun ini sukses the lowest amateur (amatir terbaik) di Seri VI IGT. Ini merupakan gelar keempatnya di IGT pada musim ini.

Sempat mengawali putaran pertama Seri VI dengan skor 74 (dua-di atas par), Naraajie menebus permainan buruknya di dua hari terakhir dengan skor 71 (satu-di bawah) dan 69 (tiga-di bawah par). Hasil dua-di bawah par ini meninggalkan jauh dua pesaing terdekatnya, Kevin C. Akbar yang mengumpulkan skor empat-di atas par (220) dan Tirto Tamardi dengan lima-di atas par (221).

“Saya sudah lama tidak main di sini. Terakhir kali waktu junior beberapa tahun yang lalu.  Makanya saya kurang familiar dengan lapangan ini. Karena itu, tiga-di bawah par bagi saya sudah cukup bagus, melebihi ekspektasi saya,” kata Naraajie yang akan bertanding di SEA Games pada 22-26 Agustus ini.